8 Mei 2012

Manfaat Jogging Bagi Kesehatan

Lari merupakan olahraga yang menurut saya paling murah, malah bisa dibilang gratis andai kita berlari dilapangan dekat komplek dan tidak memakai sepatu, haha :D .  Disini saya ingin sharing tentang manfaat Jogging atau Berlari bagi diri kita, mari kita simak :


1. Menyegarkan Pikiran
Saat kita berlari maka jantung akan memompa seluruh aliran darah dengan cepat, hal ini membantu memperlancar aliran darah yang mengalir ke dalam otak. Begitu pula dengan pemandangan saat kita berlari di GOR atau dimanapun kita berlari, kita tidak akan melihat objek yang sama dalam waktu yang lama.Hal tersebut tentu membuang semua kejenuhan atau stres yang sedang kita alami dengan seketika.

2. Menjaga kekebalan tubuh
Orang yang sering berlari, maka lebih terhindar dari penyakit seperti flu atau pun batuk. Andai sudah terkena penyakit itu pun tubuh kita tidak akan terlalu drop pada saat penyembuhannya. Saat menulis ini saya sendiri sedang terkena flu, tapi karena saya sering berlari (bahkan saat saya flu sekalipun), flu saya tidak disertai oleh demam dan dalam 2 hari badan saya terasa sudah lebih enak lagi.

3. Menambah Tinggi Badan
Pada usia pertumbuhan olah raga berlari sangat membantu dalam pertumbuhan tulang anak.
Saat berlari tulang-tulang pada anak mengalami stimulasi sehingga pertumbuhan tulang menjadi lebih aktif dan cepat.

4. Memangkas Lemak Berlebih
Bagi anda yang memiliki banyak lemak berlebih, olah raga lari ini termasuk kedalam jenis kardio yang artinya dapat membakar lemak secara efektif dan juga memperkuat pernafasan kita. Sehingga bagi orang yang sedang melakukan pengurangan berat badan, berlari adalah hal wajib agar berat badan bisa turun dengan lebih cepat

5. Menghindari Berbagai Penyakit
Disaat manusia sudah beranjak tua, berbagai penyakitpun mulai akrab dengan diri kita. Cara yang paling efektif untuk menghindari berbagai penyakit tersebut adalah dengan bergerak aktif, salah satunya adalah dengan berlari secara teratur. Menurut penelitian, seseorang yang senang berlari disaat umur 20 tahunan dan berlanjut sampai usia lanjut maka akan mengurangi resiko terkena berbagai penyakit sebesar 40%.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan tetapi tidak saya tuliskan. Selamat mencobanya dilingkungan anda. Mari kita sehatkan Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles