11 Nov 2010

Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan

Berbicara tentang penduduk maka kita akan memulai sesuatu yang saya kira tidak ada habisnya, berbagai faktor didalamnya menjadi dinamika kehidupan kita sehari-hari sebagai masyarakat. Sebagai masyarakat dunia kita harus menyadari bahwa semakin berjalannya waktu maka semakin bertambah pula penduduk didunia seperti yang ada pada grafik dibawah ini.

grafik pertumbuhan penduduk dunia
perkiraan pertumbuhan penduduk dunia

 
Penyebaran penduduk dunia

peta penyebaran penduduk dunia

Peta di atas menunjukkan bahwa dunia penyebaran penduduk tidak merata. Beberapa daerah memiliki kepadatan penduduk tinggi sementara yang lain memiliki kepadatan populasi rendah.  Daerah kepadatan penduduk yang tinggi cenderung terletak antara 20 ° dan 60 ° N. Kawasan ini berisi luas tanah yang besar dan iklim iklim yang relatif.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepadatan Penduduk
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi ada faktor manusia dan juga faktor alam, seperti yang tertera pada tabel dibawah ini:
 
Faktor Fisik
High Density
Low Density
Relief (Bentuk dan tinggi tanah) Rendah tanah yang datar misalnya Lembah Gangga di India Tanah yang tinggi misalnya pegunungan Himalaya
Sumber Daya Daerah yang kaya sumber daya (misalnya batubara, minyak, kayu, memancing dll) cenderung padat penduduk misalnya Eropa Barat Daerah dengan sedikit sumber daya cenderung jarang penduduknya misalnya The Sahel
Iklim Daerah dengan daerah beriklim sedang cenderung padat karena ada cukup hujan dan panas untuk bercocok tanam misalnya Inggris Daerah dengan iklim ekstrim panas dan dingin cenderung jarang penduduknya misalnya Gurun Sahara
Faktor Manusia
High Density
Low Density
Politik Negara-negara dengan pemerintah yang stabil cenderung memiliki kepadatan penduduk tinggi misalnya Singapura negara yang tidak stabil cenderung memiliki kepadatan penduduk rendah sebagai orang-orang bermigrasi misalnya Afghanistan.
Sosial Kelompok-kelompok orang ingin hidup dekat satu sama lain untuk keamanan misalnya Amerika Serikat Kelompok lain orang lebih memilih untuk menjadi terisolasi misalnya Skandinavia
Ekonomi   kesempatan kerja baik mendorong kepadatan penduduk yang tinggi, terutama di kota-kota besar di MEDCs dan LEDCs di seluruh dunia. kesempatan kerja terbatas menyebabkan beberapa area yang akan jarang penduduknya misalnya Amazon Rainforest

Faktor Demografi
Faktor-faktor diatas masih ada juga faktor demografi yang menjadi faktor bertambahnya penduduk di dunia, seperti:

1. Kematian (mortalitas)
Ada beberapa tingkat kematian. Akan tetapi di sini hanya dijelaskan dua jenis tingkat kematian saja yakni:

a.Tingkat Kematian kasar
Tingkat kematian kasar adalah banyaknya orang yang meninggal pada suatu tahun per jumlah penduduk pertengahan tahun tersebut. Secara dinyatakan tiap 1.000 orang.
Rumus angka kematian kasar





dimana                                                   
CDR =Crude Death Rate ( Angka Kematian Kasar)
D = Jumlah kematian (death) pada tahun tertentu
P  = Jumlah Penduduk pada pertengahan tahun tertentu 
K = Bilangan konstan  1000
Penjelasan 1: 
P idealnya adalah "jumlah penduduk pertengahan tahun tertentu" tetapi yang umumnya tersedia adalah "jumlah penduduk pada satu tahun tertentu" maka jumlah dapat dipakai sebagai pembagi. Kalau ada jumlah penduduk dari 2 data dengan tahun berurutan, maka rata-rata kedua data tersebut dapat dianggap sebagai penduduk tengah tahun




Penjelasan 2: 
Dari Susenas 2003 tercatat sebanyak 767.740 kematian, sedangkan jumlah penduduk pada tahun tersebut diperkirakan sebesar 214.37.096 jiwa. Sehingga Angka Kelahiran Kasar yang terhitung adalah sebesar 3,58. Artinya, pada tahun 2003 terdapat 3 atau 4 kematian untuk tiap 1000 penduduk.

Contoh angka kelahiran kasar dibeberapa profinsi di Indonesia :

Angka Kelahiran Kasar menurut Propinsi dan Kabupaten, 2004
Propinsi/Kabupaten
Laki-laki
Perempuan
Total
Sumatera Selatan
6,02 
4,63 
5,32 
Kab. OKI
6,72 
4,92 
6,08 
Kota Palembang
4,65 
5,02 
4,22 
Jawa Barat
7,55 
5,78 
6,67 
Kab. Kuningan
10,81 
10,86 
9,62 
Kota Bandung
4,97 
3,50 
4,23 
NTT
8,20 
6,26 
7,23 
Kab. Flores Timur
6,83 
5,58 
6,16 
Kab. Timor Tengah Utara
7,03 
4,95 
5,99  

b.Tingkat Kematian Khusus
Kematian yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti umur, jenis kelamin, pekerjaan dll. Contoh laki-laki yang berumur 90 tahun lebih rentan meninggal dunia daripada yang berumur 18 tahun.

Rumus tingkat kematian khusus :
ASDR = D/Pm K
Di = Kematian penduduk kelompok umur
Pm = Jumlah penduduk pada pertengahan tahun kelompok umur
K = Konstanta = 1000
2. Fertilitas
Fertilitas atau kelahiran merupakan salah satu faktor penambah jumlah penduduk disamping migrasi masuk. Kelahiran bayi membawa konsekuensi pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang bayi tersebut, termasuk pemenuhan gisi dan kecukupan kalori, perawatan kesehatan. Pada gilirannya, bayi ini akan tumbuh menjadi anak usia sekolah yang menuntut pendidikan, lalu masuk angkatan kerja dan menuntut pekerjaan. Bayi perempuan akan tumbuh menjadi remaja perempuan dan perempuan usia subur yang akan menikah dan melahirkan bayi.
 
Tingkat kelahiran di masa lalu mempengaruhi tingginya tingkat fertilitas masa kini. Jumlah kelahiran yang besar di masa lalu disertai dengan penurunan kematian bayi akan menyebabkan bayi-bayi tersebut tetap hidup dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya disaat kematian bayi masih tinggi. Lima belas tahun kemudian bayi-bayi ini akan membentuk kelompok perempuan usia subur. 
3.Migrasi
Migrasi dipengaruhi oleh daya dorong (push factor) suatu wilayah  dan daya tarik (pull factor) wilayah lainnya.  Daya dorong wilayah menyebabkan orang pergi ke tempat lain, misalnya  karena di daerah itu tidak tersedia sumberdaya yang memadai untuk memberikan jaminan kehidupan bagi penduduknya. Pada umumnya, hal ini tidak lepas dari persoalan kemiskinan dan pengangguran yang terjadi di wilayah tersebut. Sedangkan daya tarik wilayah adalah jika suatu wilayah mampu atau dianggap mampu menyediakan fasilitas dan sumber-sumber penghidupan bagi penduduk, baik penduduk di wilayah itu sendiri maupun penduduk di sekitarnya dan daerah-daerah lain.  Penduduk wilayah sekitarnya dan daerah-daerah lain yang merasa tertarik dengan daerah tersebut kemudian bermigrasi dalam rangka meningkatkan taraf hidup.
Nama : Irfan Hikmatiar s
Kelas : 1KA05
NPM : 13110603 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles