23 Nov 2010

Individu, Keluarga dan Masyarakat

A.Individu
individu
Individu merupakan suatu unit terkecil dalam membentuk suatu masyarakat. Hal ini bersifat personal karena tidak melibatkan interaksi antar individu lainnya, dan setiap individu pasti mengalami dengan apa yang dinamakan pertumbuhan. Pertumbuhan adalah suatu proses biologis terciptanya sel-sel baru dan jika dilihat secara fisik maka pertumbuhan dapat kita lihat dengan fisik yang semakin bertambah tinggi atau besar. Pertumbuhan itu disebabkan oleh hormon pertumbuhan kita yang sedang aktif (biasanya pada usia 0-21 tahun pada laki laki) dan didukung oleh gizi ,lingkungan dan juga olahraga yang baik, maka akan terciptalah pertumbuhan yang sempurna.

B.Keluarga
Setiap manusia yang lahir ke dunia pasti memiliki keluarga, maka keluarga itulah (yang terdiri dari ayah dan ibu
serta anggota keluarga lainnya) yang akan mengurusi segala keperluan individu dari semenjak baru lahir hingga individu itu sudah bisa berfikir secara dewasa. Maka setiap individu akan bergantung pada individu lainnya pada ruang lingkup ketergantungan yang paling mendasar yaitu keluarga.

C.Individu, keluarga dan masyarakat

Secara bahasa pengertian keluarga yaitu lingkungan interaksi dimana setiap individunya masih bertalian darah, terdapat ikatan dan tanggung jawab didalamnya. Sedangkan secara bahasa pengertian masyarakat yaitu kelompok yang terdiri individu (baik secara tertutup maupun terbuka) yang terdapat interaksi interaksi didalamnya. 

D.Hubungan antara Individu keluarga dan masyarakat
masyarakat
Tentu hubungan individu, keluarga dan masyarakat sangatlah erat, ditempat rumah kita sekarang selalu ada orang tua yang masih membiayai kita kuliah dan segala pernak perniknya, sehingga hubungan anak/individu dan orang tua/individu akan terjalin ikatan kekeluargaan yang kokoh. Setiap manusia membutuhkan interaksi terhadap individu lainnya, pada cakupan yang lebih luas (masyarakat) hal ini sangat penting untuk terus dibina dan diperkuat yang akan menjalin masyarat yang adil , makmur dan , sejahtera. Seperti contoh ligkungan masyarakat kecil yaitu rt/rw, diadakan pos kamling atau bakti sosial tentu hal ini akan melibatkan antara individu dan individu secara luas lagi (masyarakat) dan hal ini tidak pernah akan bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial ciptaan tuhan.

E.Urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan suatu penduduk dari desa ke dalam kota. Biasanya hal ini terjadi pada masyarakat yang bertingkat ekonomi menengah ke bawah demi mencari peruntungan sehingga bisa meningkatkan taraf hidup keluarganya. Dengan adanya ini maka tanggung jawab pemerintah untuk memeratakan pembangunan demi terciptanya masyarakat madani yang menjadikan indonesia makmur dan sejahtera sehingga tidak akan ada lagi urbanisasi yang terjadi dengan motif ekonomi secara ekstrim.

Irfan Hikmatiar S
13110603
1KA05

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles