15 Mar 2012

Masalah Pokok Ekonomi

Di dalam sebuah negara. Terdapat berbagai sistem didalamnya, mulai dari sistem keuangan, tata negara, sampai dengan sistem ekonomi. Setiap orang yang berada dalam sistem tersebut tentunya menginginkan sistem tersebut berjalan lancar sebagai mana dengan mestinya. Tetapi dalam kenyataannya banyak masalah yang timbul didalam sebuah sistem. Didalam sistem perekonomian terdapat masalah masalah pokok di dalamnya, yaitu :

  1. Barang dan jasa apa yang akan dihasilkan (what).
  2. Bagaimana barang dan jasa itu dihasilkan (how).
  3. Untuk siapa barang dan jasa itu dihasilkan (for whom).
What
Hal ini terkait dengan apa barang apa yang dibutuhkan didalam masyarakat. Misalnya saat ini masyarakat membutuhkan ponsel cerdas yang bisa melakukan berbagai fungsi komputer, seperti mengakses email, membuat presentasi, dsb. Semakin masyarakat membutuhkannya maka produksi barang harus di perbanyak lagi. Teteapi jika masyarakat tidak membutuhkan barang tersebut sekalipun pihak perusahaan telah banyak memproduksi barang tersebut maka tidak akan terserap oleh masyarakat dan akhirnya tidak laku terjual.

How
Hal ini terkait dengan bagaimana barang dibuat dengan menghemat sumber daya tetapi dengan hasil yang maksimal. Contohnya mesin mesin yang ada dipabrik telah menggantikan peranan manusia di dalamnya, hal ini bisa menghemat waktu dan biaya sehingga bisa lebih banyak lagi memproduksi barang.

For Whow
Hal ini terkait dengan untuk siapa barang di produksi,
ada barang yang khusus untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, kemudian barang khusus untuk kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah dan seterusnya.

Apakah mainan mobil mobilan untuk orang dewasa atau anak anak?Apakah pendapatan nasional telah didistribusikan secara adil? Haruskah gaji para manajer sepuluh kali lipat dari pada buruh? Apakah proyek mobil murah perlu dilaksanakan agar penduduk berpendatan rendah dapat mengonsumsinya? Semua pertanyaan tersebut menyangkut untuk siapa barang dan jasa diproduksi.


Referensi: http://inikahblognya.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles