25 Nov 2013

Efek Positif dan Negatif dari Sosial Media

Sosial media adalah tempat dimana banyak orang saling berinteraksi satu sama lain. Seiring berjalan nya
waktu sosial media menjadi hal yang umum di masyarakat, masyarakat seolah-olah wajib memiliki sosial media agar dapat sejalan dengan perkembangan jaman. Pengguna sosial media dari tahun ke tahun pun semakin banyak jumlahnya, dengan semakin banyak nya pengguna sosial media menimbulkan sebuah efek bagi para penggunanya. Ada efek positif maupun negatif nya. Apasajakah efek-efek tersebut :

Efek positif

1. Bebas berkekspresi
Sosial media memberikan ruang bagi penggunanya untuk bebas mengekspresikan dirinya, bisa melalui tulisan, gambar, maupun video. Dengan kebebasan berekspresi seperti ini para penggunanya pun merasa puas karena hal yang diekspresikan nya dapat dilihat oleh pengguna lainnya

2. Menemukan teman lama
Setelah bertahun tahun tidak berjumpa. Pengguna sosial media bisa berjumpa dengan teman
lamanya pada saat online, misalnya Facebook. Dengan berjumpanya teman lama bisa menyambungkan tali silaturahmi yang sudah lama tidak terjalin lagi.


3. Berbagi informasi
Jika mengambil contoh Facebook, pengguna dapat bergabung ke sebuah grup yang ada disana. Ada grup tentang pendidikan, olahraga, militer, dan lainnya. Dengan bergabung nya ke grup tersebut, pengguna dapat belajar dan mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk menjadi bahan belajar atau sekedar menambah wawasan.

Efek negatif

1. Bully
Sosial media merupakan tempat untuk berkespresi, tapi banyak juga pengguna sosial media yang tidak berani mengekspresikan dirinya karena takut di bully oleh orang lain. Bully merupakan tindakan dimana seseorang atau kelompok melakukan kekerasan secara psikis kepada seseorang yang membuat korban merasa tidak nyaman. Jika sudah terkena bully korban dapat merasa depresi maupun stres.

2. Kriminalitas
Dengan jumlah pengguna yang banyak, sosial media menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan. Banyak modus kejahatan yang terjadi melalui sosial media. Diantaranya penculikan, pelaku penculikan biasanya mendekati calon korban melalui sosial media dengan berkenalan terlebih dahulu. Setelah kenal maka calon korban di ajak untuk bertemu muka di sebuah tempat. Setelah bertemu maka pelaku dapat melancarkan aksinya jahatnya kepada korban.

3. Kecanduan sosial media
Karna banyak orang yang senang bersosialisasi melalui sosial media, banyak juga orang yang kecanduan akan sosial media. Ciri-ciri orang yang kecanduan sosial media adalah orang tersebut selalu mengecek sosial media setiap interval waktu beberapa menit sekali. Oleh karena itu kecanduan sosial media dapat mengurangi produktifitas kerja dan juga kemauan belajar pada pelajar.

Nah itu dia beberapa efek positif dan negatif dengan adanya sosial media. Semua itu kembali lagi kepada kita selaku pengguna, sudah selayaknya kita sebagai pengguna yang cerdas untuk mengambil sisi positifnya saja ketimbang efek negatifnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles