24 Nov 2013

Pemanfaatan Telematika di Berbagai Bidang

Saat ini telematika sudah hampir menyentuh berbagai sektor kehidupan manusia di berbagai bidang. Telematika membantu kerja manusia agar pekerjaan nya dapat segera di olah atau di selesaikan secara baik dan efisien. Pemanfaatan telematika sejauh ini masih terpusat di daerah perkotaan, akan tetapi saat ini wilayah pedesaan pun sudah mulai tersentuh bidang telematika. Lalu bagaimana sebenarnya telematika itu dimanfaatkan?

Bidang Pendidikan

Dibidang pendidikan pemanfaatan telematika sangat luas dan dalam. Sebagai contoh saat ini Universitas Gunadarma mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk membuka sebuah loker elektronik dimana semua informasi personal untuk perkuliahan ada di sana. Mahasiswa bisa melihat nilah semester, mengunggah tugas atau tulisan maupun membuat surat keterangan dapat dilakukan di loker elektronik. Semua hal itu memudahkan mahasiswa agar bisa mendapatkan informasi perkuliahan nya dimanapun dan kapanpun berada.

Bidang Perbankan

Dibidang ini pemanfaatan telematika sangat baik. Bidang perbankan sudah memanfaatkan telematika sejak teknologi mulai berkembang. Contoh nya penggunaan ATM, ATM merupakan produk telematika yang
memungkinkan nasabah melakukan penarikan uang secara tunai dan juga transfer nilai uang dan juga lainnya. Agar dapat melakukan hal tersebut ATM terkoneksi dengan server pusat dan transaksi yang dilakukan di ATM pun di enkripsi agar keamanan transaksi semakin baik.

Bidang Militer

Dibidang militer pemanfaatan telematika menjadi kunci dalam kemenangan dalam peperangan modern saat ini. Pasukan militer dapat menyadap informasi musuh melalui alat sadap khusus, seperti kasus yang sedang hangat saat ini intelejen Australia menyadap telekomunikasi dari petinggi negara kita. Ada juga pembuatan satelit mata-mata untuk melihat pergerakan dan perkembangan persenjataan musuh.

Dari contoh diatas sangatlah jelas bahwa pemanfaatan telematika saat ini sangatlah diperlukan agar kita tidak ketinggalan manfaat dari telematika itu sendiri. Namun kita sebagai manusia yang baik harus lah menggunakan produk telematika secara arif dan bijaksana.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles