5 Okt 2010

Ilmu Sosial Dasar (ISD)

ISD

ISD merupakan MKDU dalam SAP di perguruan tinggi karena MK ini merupakan bahan studi dan pengajaran yang dikhususkan dan diberikan kepada perguruan tinggi di Indonesia. Dilihat secara bahasa ISD adalah ilmu yang mempelajari berbagai pondasi permasalahan permasalahan sosial dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang tidak terbatas ruang lingkupnya.

Lantas apa tujuan kita mempelajari ISD ini? Agar mahasiswa memilliki kepekaan dan kesadaran social yang ada di masyarakat sehingga menjadi solusi di tengah kompeksitasnya permasalahan social di negri ini..


Apa sih keterkaitannya ISD dan IPS?

IPS adalah kajian ilmu yang membahas berbagai aspek social dari berbagai ilmu pengetahuan dan memiliki metode ilmiah tersendiri untuk mengembangkan penelitian sebagaimana halnya ilmu social lainnya.

IPS merupakan ilmu kecabangan dari ISD, kita analogikan ISD itu adalah sebuah tiang pancang dan IPS adalah bangunannya yang merupakan cabang dari ISD itu sendiri. Jadi ISD dan IPS adalah sesuatu hal yang tidak akan dapat terpisahkan, begitu juga dengan kecabangan disiplin ilmu lain yang akan menjadikan bangunan kokoh yang akan melindungi segenap masyarakat Indonesia.

Irfan Hikmatiar
13110603
1KA05

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles