11 Okt 2010

Peran Mahasiswa sebagai Penerus Bangsa

Mahasiswa sebagai elemen utama penerus bangsa tentunya merupakan kesatuan yang sangat penting untuk memajukan dan menjalankan kehidupan bangsa di masa mendatang. Mahasiswa sangat dikenal dengan pemikirannya yang sangat kritis, demokratis dan konstruktif. Suara suara mahasiswa biasanya dianggap sebagai realita social yang ada dilingkungan masyarakat sehingga sangat pantas jika mahasiswa dianggap sebagai roda penggerak bangsa.

Disini dijelaskan berbagai peran strategis dari mahasiswa :

1. Sebagai penyampai kebenaran
Walaupun negri ini diselimuti oleh berbagai permasalahan bangsa yang sangat kompleks, mahasiswa selalu berada di jalur terdepan untuk menyampaikan kebenaran atau realita yang sesungguhnya terjadi, walau banyak pihak pihak yang berkepentingan menekan pergerakan mahasiswa tetapi tidak pernah berhenti untuk menyampaikan kebenaran yang ada.

2. Sebagai agen perubahan
Hal ini tentu sangat terlihat jika kita kembali ke tahun 1998, dimana terjadi demonstrasi mahasiswa yang
menuntut perubahan system pemerintahan Indonesia yang dirasa sudah tidak tepat lagi untuk dilanjutkan, dengan usaha mahasiswa ini akhirnya kitapun bias masuk kedalam era roformasi yang sudah dinanti sebelumnya.

3. Sebagai generasi penerus masa depan
Dengan intelektualitasnya yang mumpuni dan softskill yang cukup maka sudah tidak diragukan lagi mahasiswa diformulasikan untuk melanjutkan generasi penerus bangsa ini.


Kesimpulan
Dilihat dari seluruh peran yang ada didalam mahasiswa, sangat tepat sekali jika mahasiswa dikatakan sebagai generasi penerus bangsa dimasa depan dilihat dari Hardskill+Softskill nya yang sangat mumpuni maka jelas sudah mahasiswa adalah roda kehidupan bangsa dan Negara Republik Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles