12 Des 2010

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat

Kepentingan adalah sesuatu yang harus dicapai oleh untuk memenuhi kebutuhan suatu kelompok atau individu dalam suatu ruang lingkup sosial di masyarakat. Hal ini bisanya terjadi pada masyarakat menengah keatas yang umumnya memiliki kekuasaan. Oleh karena itu hal ini bisa memicu pertentangan atau ketegangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, karena sifatnya yang memaksa dan tanpa memfikirkan kepentingan umum yang lebih besar.

Diskriminasi
Diskriminasi adalah sikap ketidak adilan terhadap suatu individu atau kelompok, dimana sikap ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili individu tersebut.

Integrasi Sosial dan Integrasi Nasional
-Integrasi Sosial

Integrasi berasal dari bahasa inggris "integration" yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi.

Definisi lain mengenai integrasi adalah suatu keadaan di mana kelompok-kelompok etnik beradaptasi dan
bersikap komformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat, namun masih tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing-masing. Integrasi memiliki 2 pengertian, yaitu :
-Pengendalian terhadap konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem sosial tertentu
-Membuat suatu keseluruhan dan menyatukan unsur-unsur tertentu

-Integrasi Nasional
Integrasi Nasional adalah penyatuan bagian-bagian yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu keseluruhan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang banyak jumlahnya menjadi suatu bangsa. Selain itu dapat pula diartikan bahwa integrasi bangsa merupakan kemampuan pemerintah yang semakin meningkat untuk menerapkan kekuasaannya di seluruh wilayah

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles