11 Jan 2012

Tips Menulis Untuk Para Pemula

Menulis merupakan aktifitas yang dilakukan diatas kertas maupun menggunakan media teknologi seperti blog. Di kampus saya menulis merupakan tambahan nilai bagi mata kuliah softskill yang ada di setiap semesternya. Tapi menurut pengalaman saya, dikalangan mahasiswa sendiri aktifitas menulis kebanyakan hanya dilakukan jika dosen akan memberikan nilai di setiap akhir semester. Mengapa hal ini bisa terjadi?

1.Tidak ada inspirasi menulis
Alasan ini adalah alasan paling umum dikalangan mahasiswa, bagi beberapa mahasiswa mereka beralasan bahwa mereka tidak mendapatkan inspirasi menulis, sehingga terkadang untuk mereka bingung akan menulis apa di dalam blognya.


2.Malas
Siapapun pernah merasakan malas bukan. Saya pribadipun merasakan hal ini setiap kali ingin menulis bahkan ketika saya mendapatkan inspirasi sekalipun rasa malas itu tetap bisa muncul.

Jika kedua alasan diatas terus menghambat anda dalam menulis berikut beberapa tips agar anda semangat menulis :

1.Menulislah dalam keadaan santai
Misalnya anda sedang tidak ada kegiatan, anda bisa buka komputer anda, lalu siapkan secangkir kopi. Buat diri anda serileks mungkin.

2.Bacalah berita atau artikel
Sebelum anda menulis anda bisa mencari inspirasi menulis dari mana saja bisa dari artikel ataupun portal berita online. Anda bisa membahas jauh lebih dalam topik-topik atau artikel yang telah anda baca sebelumnya.

3.Ceritakan pengalaman pribadi
Di dalam blog anda bisa menulis apa saja. Termasuk
pengalaman pribadi anda. Anda bisa menjadikan pengalaman pribadi anda sebagai bahan tulisan. Siapa tau pengalaman pribadi anda bisa menjadi sebuah buku best seller seperti Raditia Dika.

4.Motivasi diri anda
Tahukah anda? menulis bisa meningkatkan kemampuan kita dalam kehidupan pribadi kita. Orang yang terbiasa menulis biasanya akan lebih mudah diterima didunia kerja. Menulis membuat kita lebih tertata dalam kata-kata dalam sebuah sesi wawancara. Sehingga pewawancara akan mendapatkan kesan positif dari kita.

Lakukan aktifitas menulis sebagai kesenangan. Niscaya ide-ide dalam menulis akan mengalir dengan sendirinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles